Rabu, 29 Juni 2022

PEMASARAN BUKU

 



PEMASARAN BUKU

 

Pertemuan  Ke: 19

Hari                 :  Rabu, 29  Juni 2022

Gelombang      :  25

Narasumber     :  Agus Subardana

Moderator       :  Sigit Purwo Nugroho

“Semua akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuati yang akan menbahagiakan dirimu diakhirat kelak.”  Ali bin Abi Thalib

Pemasaran buku adalah salah satu upaya menjual buku yang telah kita terbitkan sehingga akan kembali mennutup modal dan bahkan bisa untung.

Pada kesempatan mala mini moteri pemasaran buku dengan narasumber bapak Agus Subardana dan moderator bapak Sigit Purwo Nugroho, yang akan menyampaikan materi sangat penting untuk mendapatkan fulus dari karya buku yang kita terbitkan.

Berikut ini adalah strategi pemasaran buku terjual laris:

ü  Place, tempat yang stategis

ü  Price, Harga yang kompetitif

ü  Product, mutu Product

ü  Promotion, Kecepatan Promosi

Strategi pemasaran penjualan buku

Perlu memperhatikan empat factor. Berbicara tentang marketing salah satu prosesi yang banyak dihindari, namun paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Apapun itu bentuk perusahaannya. Bagi seorang penulis buku, terutama buku yang diterbitkan secara indie dan PoD penting menguasai strategi pemasaran buku.

Dalam menerbitkan buku solo perdana ini dapat kita lakukan dengan mengumpulkan hasil resum belajar menulis 25 dijadikan satu file, kemudian kita lengkapi dengan daftar isi, prakata, synopsis dan semua perlengapan naskah buku silo yang telah kita siapkan.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.  Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.  Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Pentingnya Transformasi Digital

Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar ,  kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .

Untuk penjualan buku lewat

1. Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

-    Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

-    Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

-    Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

-    Menaikan penjualan dan profit

-    Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

-    Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

-    Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

2. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

3. Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link  Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik ...

Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.



Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.      Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.

2.      Directselling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

-    Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

-    Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah

-    Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten.

Kami Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura

 

Luar biasa materimmalam ini, dan lengkap sudah materi yang telah di berikan oleh bapak Agus Subanada, kemudahan dan jalan menuju roma telah terbuka lebar gunakan kesempatan tunggu apa lagi. Tetap semangat untuk saya pribadi dan teman bapak ibu di grup BM 25 dan 26

Penerbit indi adalah penerbit mayor, sangat luar biasa kalau tulisan kita bisa masuk pada penerbil yang telah terbukti reutasi dan sepak terjangnya dipenerbitan dan pemasaran


Temanggung, 29 Juni 2022

 

5 komentar:

  1. Resumenya paket lengkap semangat menuju buku solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bunda Rusweni, saya akan kunjung balik

      Hapus
  2. Mantul resumenya bu, tampilan blog nya menarik

    BalasHapus
  3. Bungkus buku Solonya ya....dan siap pasarkan baik online atau offline

    BalasHapus
  4. ayo semangat buat buku solonya pasti bisa bu

    BalasHapus

Spritual and Charakter Building

 Pada hari ini rabu 27 September 2023, Madrasah Aliyah Negeri Temanggung menyelenggarakan peringatan maulid nabi muhammad SAW dengan Tema ...